23.11.14

Standar Kompetensi Lulusan Akuntansi

Posted by   on

Standar ini diharapkan dapat menjadi salah satu komponen penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi serta memiliki sikap profesional, jujur, transparan dan bertaqwa di bidang teknisi akuntansi, sehingga bisa mengisi pasar kerja, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. 

Disamping itu Standar ini menjadi salah satu pedoman yang dapat digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar, dan/atau pelatihan kepada peserta didik, sehingga mampu melaksanakan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan yang bersifat teknis dan rutin dalam suatu perusahaan sesuai dengan jabatan yang umum dan berlaku dalam struktur organisasi, divisi keuangan suatu perusahaan yang dalam hal ini adalah; Yunior Teknisi Akuntansi (Yunior Accounting/Staff Accounting) dan Senior Teknisi Akuntansi (Accounting Supervisor/Asisten manajer akuntansi).

Standar Kompetensi Lulusan Akuntansi
Ruang lingkup Standar Isi akuntansi berbasis kompetensi ini harus dapat menjawab tuntutan kebutuhan pekerjaan, yang melingkupi tiga ranah dalam kompetensi, yaitu: skill (ketrampilan), knowledge (pengetahuan), dan attitude (sikap dan prilaku). 

Dengan demikian, Standar ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan seseorang dalam lingkup sebagai berikut:
  1. Pemahaman konseptual berkaitan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan pekerjaaan teknisi akuntansi.
  2. Keterampilan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mendukung pekerjaan
  3. sebagai teknisi akuntansi
  4. Nilai dan prilaku yang harus dimiliki seseorang dalam melaksanakan pekerjaaan
  5. sebagai teknisi akuntansi.

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter