30.4.15

Kebiasaan Buruk Karyawan Baru

Posted by   on

Menjadi karyawan baru, terutama fresh graduate, memang sedikit tricky. Selain harus cepat belajar profesional, kita harus pandai menjauhi kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan karyawan baru.

Apa saja?

1. Belum memahami makna formal dan non formal

Sejak tahap pencarian kerja, sebaiknya kamu memahami karakteristik perusahaan yang akan kamu bidik. Membuat surat lamaran ke firma hukum tentu beda dengan melamar kerja di kantor advertising. Kamu harus dapat menyesuaikan diri dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis sesuai karakteristik setiap perusahaan. Demikian seperti dikutip dari College Candy, Rabu (29/4/2015).

karyawan
2. Bergosip di tempat kerja

Menjadi teman untuk rekan kerja memang ide bagus. Tapi jangan sampai kamu kehilangan sikap profesional. Usahakan tidak terlalu sering mengobrol dengan rekan kerja sampai mengganggu pegawai lain, apalagi sampai bergosip.

3. Tidak cukup inisiatif

Tunjukkan bahwa kamu memiliki ide-ide segar untuk perusahaan. Cobalah berinisiatif untuk bertanya atau mengajukan gagasan. Semakin berinisiatif, maka kamu akan semakin terlihat dalam tim.

4. Terlalu sering bermain ponsel

Jangan bermain ponsel atau memantau media sosial saat bekerja karena hal ini akan membuatmu tidak konsentrasi. Cobalah tetap fokus dengan pekerjaan selama jam kerja.

5. Tidak memahami nilai dirimu

Sebagai pekerja, kamu perlu juga memahami hak dan kewajibanmu selama di perusahaan. Setelah memenuhi kewajiban berkontribusi bagi perusahaan, kamu juga punya hak mengajukan cuti untuk berlibur dan menyegarkan pikiran atau meminta kenaikan gaji jika kamu layak mendapatkannya. Penting bagimu untuk menonjolkan diri sebagai sosok karyawan muda yang kuat dan mandiri serta membuat orang lain hormat kepadamu.

No comments:
Write komentar

Hey, we've just launched a new custom color Blogger template. You'll like it - https://t.co/quGl87I2PZ
Join Our Newsletter